Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Sebelum mengenal lebih jauh tentang DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Manipulation Language), ada yang perlu diketahui sebelumnya, bahwa bahasan ini termasuk dalam teknologi database, yang meliputi metode atau teknik pengelolaan data, baik data teks gambar maupun data yang lain. Pengelolaan database dilakukan dengan menuliskan kode-kode perintah dalam bentuk SQL Queries yang harus Anda masukkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut dibawah ini adalah pengertian DDL dan DML secara lengkap.


Untuk pengertian dari DDL dan DML sendiri yaitu jika DDL (Data Definition Language) merupakan kumpulan perintah SQL yang bisa anda gunakan untuk mengatur, mengubah struktur datatype objek di database seperti indexes, tables, triggers, views dan seterusnya.

Sedangkan DML (Data Manipulation Language) sendiri merupakan kumpulan perintah yang berfungsi untuk pengelolaan database seperti membuat tabel, membuat database baru.
 
Contoh Perintah DDL dan DML
Seperti disebutkan sebelumnya, DDL (Bahasa Definisi Data) dan DML (Bahasa Manipulasi Data) adalah sekumpulan perintah yang digunakan untuk melakukan fungsi untuk membuat, mengubah, atau menghapus entitas basis data yang ada. Oleh karena itu, di bawah ini adalah sekumpulan perintah yang dapat Anda coba untuk mengelola database:

 
Relasi Basis Data
1. DDL (Bahasa Definisi Data)

DDL dapat digunakan untuk mengoperasikan skema struktural pada database, perintah utama yang dapat digunakan dalam DDL (Data Definition Language) adalah CREATE, RENAME, ALTER, DROP. Create adalah perintah yang digunakan untuk membuat database dan tabel baru. Sedangkan Rename adalah perintah yang digunakan untuk mengganti nama seperti nama tabel, dan DROP adalah perintah yang digunakan untuk menghapus suatu objek.


Contoh 1:
CREATE TABLE Buku_Perpus( id INTEGER PRIMARY KEY, kode_buku VARCHAR(20) NULL, judul_buku VARCHAR(225) NOT NULL, tanggal_terbit DATE NULL );

 
Pada contoh perintah di atas berarti akan dibuat tabel baru bernama Buku_Library yang memiliki kolom entitas seperti id yang diberi primary key atau tidak boleh sama dengan data lain, juga akan ada kolom Kode_Book dengan data tersebut ketik varchar yang memiliki kapasitas menampung hingga 20 karakter dan dapat dikosongkan dengan memasukkan kode NULL. Selain itu, ada juga book_title yang bertipe data Varchar berkapasitas 225 karakter dan tidak boleh kosong dengan kode NOT NULL. Terakhir, ada publish_date dengan tipe data DATE dan bisa dikosongkan dengan kode NULL.
 

Contoh 2:

Alter TABLE Buku ADD Penulis Varchar(100);

Alter TABLE Buku Drop Column Judul_buku;


Pada contoh diatas terdapat dua baris perintah yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda, pada baris pertama terdapat perintah ALTER yang berfungsi untuk mengubah, pada baris pertama berfungsi untuk mengubah struktur tabel, dimana nantinya akan dibuat kolom baru. ditambahkan dengan nama Author dengan tipe data VARCHAR yang berkapasitas 100 karakter dan akan ditambahkan pada table Books.

 Sedangkan pada baris kedua merupakan perintah yang juga digunakan untuk mengubah struktur tabel, namun berbeda dengan baris pertama yang menambahkan kolom, baris kedua justru mem-parsing kolom tersebut, yang akan dihilangkan adalah kolom Book-Title yang terdapat pada tabel bernama tabel Book, perintah Hal utama yang digunakan adalah perintah ALTER, namun yang membedakan hanyalah penggunaan ADD dan DROP.

 Contoh 3:
DROP TABLE Buku;


Pada contoh satu baris perintah SQL di atas terdapat perintah yang berfungsi untuk menghapus, disitu digunakan perintah utama DROP yang artinya menghapus, setelah perintah DROP dilanjutkan dengan perintah TABLE yang artinya objek yang akan dihapus adalah TABLE , lalu diikuti nama objeknya dengan jelas yaitu buku, sehingga perintahnya berbunyi Delete the Book Table.

 
2. DML (Bahasa Manipulasi Data)

DML adalah sekumpulan perintah yang digunakan untuk melakukan pengelolaan database seperti membuat baru, menambah, menghapus dan menampilkan, perintah utamanya adalah UPDATE, DELETE, INSERT, SELECT. Perintah UPDATE digunakan saat ingin memperbarui data, dan perintah hapus digunakan jika ingin menghapus data. Selain itu ada juga perintah INSERT yang bisa anda gunakan untuk memasukkan data ke dalam database, dan terakhir ada perintah SELECT yang digunakan untuk menampilkan data. yang telah Anda masukkan.

Contoh :

SELECT * FROM Buku;

 

UPDATE Buku SET Judul_buku = “Programmer” WHERE id = 1123;

 

INSERT INTO Buku (id,kode_buku,judul_buku,tanggal_terbit) values(1124, “KoD2?, “Desainer”, “2013-01-11?);


Pada contoh perintah DML (Data Manipulation Language) diatas terdapat tiga perintah yang memiliki fungsi yang berbeda, pada baris pertama merupakan perintah yang berfungsi untuk menampilkan data, terdapat perintah utama yaitu SELECT yang artinya menampilkan, kemudian diikuti dengan kode bintang, yang berarti 'semua'. Dilanjutkan dengan kode FROM Book yang artinya Buku Meja, jika dibaca lengkap maka akan terbaca. Menampilkan semua data yang terdapat pada tabel buku.

 Kemudian pada baris kedua ada perintah yang menggunakan kode utama UPDATE Book yang artinya akan mengubah data yang ada pada tabel book, dilanjutkan dengan SET Book_title = 'Programmer' yang artinya data yang ada akan diubah dengan kata 'Programmer'. lalu apa yang harus diubah? terdapat pada kode terakhir WHERE id='123?, judul buku yang akan diubah menjadi 'programmer' adalah judul buku yang memiliki id 123.

 Terakhir ada baris kode yang berfungsi untuk menambahkan data, ada fungsi INSERT INOT Buku yang artinya data akan dimasukkan ke dalam tabel Book diikuti dengan nama kolom secara berurutan. Kemudian diikuti dengan Values dengan isi data sesuai urutan nama kolom, terakhir ditutup dengan tanda kutip ganda pada setiap perintah SQL.

591

 


Teknik Rahasia Cara Hacker Bekerja

Memahami Hacking & TujuannyaSebelum membahas teknik dan metode hacking, ada baiknya jika Anda mengetahui apa itu hac…

Begini Cara Menghitung THR Karyawan Swasta dan Kapan Terakhir Dibayarkan?

Batas waktu pencairan Idul Fitri 1444 H atau pencairan Idul Fitri 2023 tinggal empat hari lagi. Hal itu sesuai dengan an…

These are the 10 most frequently used font types in graphic design

In the world of graphic design, the type of font used can directly influence how someone perceives what you want to conv…

Apa itu Kelas Karyawan?

Tahukah kamu bahwa selain menyediakan program reguler, ternyata kampus-kampus tertentu juga mengadakan program kelas kar…

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Komputer saat ini menjadi salah satu piranti elektronik yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari kita, ter…

Tiga Peran Penting Rumah Tangga Pemerintah dalam Kegiatan Ekonomi

Secara umum, ada banyak jenis aktor ekonomi di Indonesia. Para aktor ekonomi anak dari konsumen rumah tangga, produsen r…

Kembali kehalaman sebelumnya